#Curhat

[Curhat][bleft]

#tekno

[Tekno][twocolumns]

#Gratisan

[#Gratisan][twocolumns]

technology

Cara Menghilangkan Cegukan Ampuh dan Cepat

Siang Masbro/Mbakbro. Kalian pasti kangen ya sama postingan gue atau sama gue sendiri. Hahaha. Sorry banget belakangan ini gw tidak bisa update artikel karena banyak sekali masalah yang muncul diantaranya masalah kuliah, nyari kostan, masalah sm temen, pulsa modem habis, dan gw ngurusin blog satunya. Jadi bisa dikatakan gw lagi krisis. Tapi tenang gw mulai hari ini insyaallah sudah aktif di dunia maya lagi. Yuk kita mulai aja, kli ini gw akan membahas masalah cegukan. Lebih tepatnya cara Cara Menghilangkan Cegukan Ampuh dan Cepat


Cegukan sering dialami oleh manusia bro, mulai dari bayi, anak-anak, balita, remaja, orang dewasa maupun lansia. Banyak orang yang bilang bahwa cegukan disebabkan karena keselek, padahal salah besar sob, cegukan atau Hiccup dalam bahasa inggrisnya adalah kondisi dimana kadar mineral dalam tubuh berkurang atau istilah yang paling gampang dimengerti adalah kurang minum. makanya, pas kita cegukan trus berbunyi hik-hik, banyak orang yang menyarankan untuk minum air sebanyak-banyaknya.

Cegukan dalam bahasa inggris disebut hiccups atau hiccough, kata ini diambil dari bunyi hik hik (suara dari mulut yang keluar ketika cegukanSedangkan dalam bahasa medis dikenal sebagai singultus. Kata Singultus, diambil dari bahasa latin singult yang artinya penarikan nafas saat menangis tersedu-sedu. Cegukan sendiri diartikan sebagai kontraksi diafragma (otot di dasar paru-paru, yang membatasi rongga dada dengan rongga perut) yang mengalami kejang, kekejangan tersebut menyebabkan pita suara menutup dengan cepat dan terdengarlah suara. Kejang inilah yang membuat bunyi hik hik berulang-ulang setiap menitnya. Kontraksi seperti ini sama halnya dengan gagap. Seringkan kita melihat orang gagap juga melakukan pengulangan bunyi yang sama seperti itu.


Ada juga yang menyebabkan kontraksi tiba-tiba pada diafragma yaitu kebiasan makan dan minum kita yang suka terburu-buru sob, jadi pernafasan juga terganggu, ada juga yang disebabkan karena makan dan minum makanan yang panas dan dingin. Misalnya setelah minum teh panas, minum lagi es campur dalam waktu yang hampir bersamaan. Hal tersebut bisa mengganggu jalan kerja lambung yang stabil. Selain itu kebiasaan merokok berlebihan dan terlalu sering minum-minuman beralkohol atau berkarbonasi juga bisa dimasukkan ke dalam faktor penyebab cegukan. Oh iya satu lagi, perubahan emosi yang mendadak. Situasi dimana kita menangis lalu tertawa. 

Cegukan ini adalah suatu penyakit yang disepelekan oleh kebanyakan orang. Memang sih sob, Penyakit ini memang tidak membahayakan, tapi cegukan berkepanjangan dan datangnya rutin di waktu tertentu, hal tersebut perlu dikhawatirkan dan diwaspadai karena bisa jadi cegukan tersebut merupakan gejala awal dari penyakit lain. Seperti gejala gejala tumor di otak, gejala stroke, infeksi di susunan saraf pusat otak, adanya herpes di dada sehingga mengganggu saraf tepi, gangguan metabolisme pada penderita diabetes, atau penderita kelainan ginjal karena uremia, gangguan elektrolit kurangkalium, termasuk pengaruh obat-obatan seperti steroid atau obat tidur.

Gejala cegukan tetap atau permanen seperti yang dijelaskan sebelumnya bahkan pernah dialami oleh seorang kebangsaan Amerika yang bernama Charles Osborne. Orang ini mendapat penghargaan dari The Guinness World Records sebagai seorang manusia yang mempunyai cegukan terlama di dunia. Rekornya dimulai pada tahun 1922 dengan frekuensi cegukan 40 kali per menit, melambat menjadi 20 kali, dan akhirnya berhenti pada bulan Februari 1990 dengan total waktu selama 68 tahun.

Penderita seperti Charles tidak bisa disembuhkan seperti cara yang akan disampaikan gw ini sob :v. Cegukan berat haruslah diperiksakan ke dokter spesialis atau dibawa ke rumah sakit terdekat. Untuk cegukan kecil seperti yang kita alami sebenarnya tidak perlu diobati, nanti juga hilang sendiri dalam waktu kira-kira  3 sampai 5 menit kemudian. Tapi kita saja yang tidak sabaran menunggu. Ya iyalah bayangkan saja disaat kita enak-enak ngobrol dengan teman, suara hik hik seperti kodok datang mengganggu. Bukan itu saja sih, ketika kita cegukan, pernafasan juga tidak stabil. Rasanya gak enak banget. Betul nggak? Untuk itulah orang-orang mencari berbagai cara agar cegukan bisa segera hilang. Inilah 15 cara menghilangkan cegukan:

1.Minum air putih. Minumlah air putih dikit demi sedikit. Agar lebih ampuh ada yang bilang jika minum air di gelas harus sambil menundukkan kepala dan minum dari bibir gelas yang berseberangan dengan bibir supaya tidak tumpah. 

2.Jika cara pertama sulit dilakukan, pakailah cara menghilangkan cegukan paling  hanya dalam 3 detik saja. Caranya lebih mudah dan tidak berbelit-belit. Caranya, Leher didangakkan sedikit kebelakang, kemudian masukkan gula pasir satu sendok teh ke lidah kita, jangan ditelan. Telan air ludah yang terbentuk setelah gula ada di lidah. Setelah semua gula larut, minumlah setengah gelas air putih. DIJAMIN SEMBUH BRO, GUE SERING PAKE YNG INI :v

3.Usapkan es ke dagu dan minum tetesan air es yang meleleh, tapi bukan lelehan di dagu -_- kalo elu mau anti-mainstream ya silahkan. Jangan menelan es batu ketika cegukan, nanti bisa salah masuk ke jalan pernafasan. Jadinya malah tambah parah lagi. Supaya lebih aman pakai cara keempat saja deh.

4.Tahan napas beberapa detik, kira-kira sekitar 10 detik, kemudian bernapaslah seperti biasa. Lakukan beberapa kali sampai cegukan berhenti. Hati-hati jangan lupa bernafas. Nanti keterusan lagi. hehehe. 

5.Tahan napas sewaktu mulut kita di kantong kertas, tahan selama 10 detik, kemudian napas beberapa kali lagi seperti biasa tanpa kantong kertas, kemudian tahan napas lagi di kantong kertas. Lakukan berulangkali sampai cegukan berhenti.

6.Letakkan jari tangan ke langit-langit mulut [bagian atas mulut], lalu pijatlah dengan halus dan lembut, jangan sampai tergores dengan kuku. 

7.Makanlah satu sendok selai kacang, selai kacang dipercaya dapat menghilangkan cegukan karena kelengketan selai kacang dapat mengubah irama pernapasan, Tapi jangan jadiin Cegukan buat beli selai kacang untuk roti tawar loh :v

8.Pakailah minyak kayu putih dibagian leher hingga perut sehingga organ-organ dalam bisa berfungsi normal kembali. 

9.Kunyahlah satu iris lemon segar atau asinan jeruk nipis yang dapat mengganggu polas impuls saraf vagus dan dapat menghilangkan cegukan. Tp klo lg sakit perut No Recommend deh :v 

10.Mengalihkan perhatian secara tidak langsung dapat meredakan cegukan dengan cepat. Caranya bisa menggenggam tangan dengan sangat erat sampai timbul rasa sakit, lalu coba fokuskan untuk mengalihkan perhatian kita pada rasa sakit di tangan.

11.Mintalah seseorang untuk mengagetkan anda ketika sedang tidak sadar atau saat kita tidak menduganya. Hal ini bisa juga untuk mencegah cegukan. Pastikan kalian kaget waktu itu. Tapi kalo lu latah/jantungan jangan, bahaya hehehe

13.Makanlah makanan asam seperti cuka yang dipercaya dapat meredakan cegukan dengan cepat. Rasa asam pada cuka dapat menstimulus pernapasan seseorang, sehingga saat kalian makan, wajah akan mengernyit otomatis, proses inilah yang dapat menghilangkan cegukan.

14.Membalik posisi tubuh dengan meletakkan kepala dibawah dan kaki diatas. Jadi ingat cara vic zhou di meteor garden. Dia suka melakukan gerakan ini agar tidak menangis. Hehe.

15.Menahan air dalam mulut sampai mulut mengembung dalam posisi berdiri tegak. Kemudian menunduk pelan-pelan (seperti hendak mencium lutut, air masih ditahan di mulut), selanjutnya sambil menelan air perlahan-lahan seirama badan sedikit demi sedikit ditegakkan kembali. Saat badan tegak air dalam mulut sudah tertelan habis

Tambahan::  Gak tidak menolong juga ke 15 cara tersebut dan cegukan ente masih berbunyi terus-menerus, periksa lah ke dokter spesialis THT, masa dicoba ulang. Dokter biasanya akan membuatkan resep anti cegukan seperti metoclopramidechlorpromazine dan , dan lain-lain. Selamat mencoba dan Semoga berhasil. 

No comments: