#Curhat

[Curhat][bleft]

#tekno

[Tekno][twocolumns]

#Gratisan

[#Gratisan][twocolumns]

technology

Memindahkan Aplikasi Metro Windows 8 ke Partisi Lain

Sob,Trik ini sangat berguna jika sobat pembaca sering mengunduh aplikasi Metro Windows 8 dari Windows Store dan jika hard disk sobat berkapasitas kecil, contohnya apabila sobat meng-install Windows 8 di SSD yang berkapasitas kecil. Hal ini disebabkan semakin banyak aplikasi yang dipasang, semakin penuh juga ruang di SSD sobat. Solusinya adalah dengan memindahkan seluruh atau beberapa aplikasi tersebut ke drive atau partisi lain.
Salah satu fitur yang tidak disediakan Microsoft di Windows 8 adalah opsi untuk memindahkan aplikasi yang telah di-install dari Windows Store ke drive lain selain partisi tempat Windows berada. Sobat dapat menemukan seluruh aplikasi tersebut di dalam folder C:\Program Files\Windowsapps\. Perhatikan bahwa folder ini disembunyikan secara default dan Anda bukan pemiliknya sehingga sobat tidak dapat membuka atau melakukan apapun terhadap folder tersebut.
Untuk memindahkan folder tersebut ke partisi atau drive yang lain,sobat dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Tekan tombol Windows, ketik cmd, klik kanan pada hasil pencarian Command Prompt, lalu pilih Run as Administrator dari opsi yang ditampilkan di bawah.

2. Terapkanlah Take Ownership pada folder C:\Program Files\Windowsapps\ sehingga sobat dapat mengaksesnya.Jalankan perintah berikut di CMD dan tunggu hingga selesai.
takeown /F “C:\Program Files\WindowsApps” /A /R
3. Buatlah salinan folder di drive atau partisi yang sobat ingin pindahkan, caranya dengan menjalankan perintah berikut.
robocopy “C:\Program Files\WindowsApps” “D:\WindowsApps” /E /COPYALL /DCOPY:DAT
Ubahlah D:\WindowsApps menjadi drive dan folder tempat sobat ingin menyalin seluruh folder tersebut. Pastikan bahwa hasilnya menunjukkan tidak ada file yang diabaikan atau gagal disalin. Jika ada hal tersebut, jangan lanjutkan, namun hapus folder tujuan dan kembalilah ke langkah 2.

4. Sekarang hapuslah folder aslinya dan seluruh file yang ada di drive C:, dengan menjalankan perintah berikut.
rmdir /S “C:\Program Files\WindowsApps”
5. Terakhir, sobat perlu membuat link simbolis yang merujuk dari folder asli ke folder baru, dengan menjalankan perintah berikut.
mklink /D “C:\Program Files\WindowsApps” “D:\WindowsApps”
Ganti folder tujuan D:\WindowsApps ke folder baru sesuai tempat sobat menyalin tadi.
Sekarang Windows akan menyimpan seluruh aplikasi dan data aplikasi yang dihasilkan ke partisi atau drive yang baru.

Demikian yang ane sampaikan, Semoga Bermanfaat
Salam Pinter

No comments: